Tag

, , , , , , ,

Newsletter and Computer mouse with white background

Penulis : Admin

Salah satu strategi yang cukup efektif dalam marketing adalah menggunakan newsletter. Newsletter adalah sebuah publikasi yang  didistribusikan, dan umumnya mengenai salah satu topik utama yang menarik perhatian pelanggannya. Dengan adanya newsletter ini, dapat membantu perusahaan dalam membina hubungan dengan pelanggan dan klien sehingga menciptakan persahabatan. Newsletter juga dapat membantu membentuk perasaan ‘klub’ (perkumpulan), memberi pelanggan rasa memiliki dan menjadi orang yang spesial.

Terdapat beberapa manfaat newsletter dalam marketing. Sebuah newsletter dapat menjadi alat yang baik untuk menyampaikan cerita tentang merek (brand story) dan juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen dalam waktu yang bersamaan. Tugas lain dari newsletter adalah untuk membuat konsumen datang kembali. Dengan adanya newsletter, perusahaan dapat memberitahukan pada pelanggan apa yang sedang terjadi dan membantu perusahaan untuk memperoleh hubungan klien loyal yang sehat.

Sebuah newsletter yang ditangani dengan baik yang bermanfaat bagi pembaca dalam hal pendidikan dan informasi dapat membantu perusahaan untuk :

  • Memelihara kontak dengan pelanggan
  • Menjaga hubungan jangka panjang
  • Menyampaikan informasi produk
  • Menjadikan perusahaan sebagai ahli di bidangnya
  • Memupuk penjualan yang akan datang

Butuh jasa desain logo profesional, klik >> Jasa desain logo perusahaan


 

Dengan semakin meluasnya penggunaan internet saat ini, banyak perusahaan memilih untuk mengirimkan newsletternya melalui email. Email umumnya efektif, karena biasanya dibaca sendiri sehingga lebih personal. Jika dilakukan dengan benar, pengiriman newsletter melalui email dapat meningkatkan keintiman dalam jangka waktu yang panjang.

Distribusi newsletter melalui email memang mudah dan murah. Namun, hambatannya adalah seringkali pembaca menghapus newsletter sebelum membacanya. Oleh karena itu, perlu menerapkan strategi tertentu untuk membuat newsletter yang menarik pembaca. Sederhananya, sebuah newsletter yang menarik mengandung 20% penjualan dan 80% konten yang berkualitas. Semakin sedikit anda berupaya untuk menjual dalam newsletter berlangganan anda, semakin besar loyalitas konsumen akan meningkat. Semakin banyak pelanggan newsletter, maka akan semakin banyak penjualan anda. Dengan menawarkan informasi berkualitas dengan gratis, anda akan melihat apresiasi yang lebih baik dari para pelanggan anda.

Jika anda berniat untuk membaut newsletter, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda ikuti :

Mulailah dengan merancang pernyataan tujuan

Sebelum membuat newsletter, penting bagi anda untuk mengetahui apa yang ingin dicapai oleh newsletter anda. Hal ini dapat membantu anda untuk membuat newsletter yang berkelas. Dalam mengembangkan publikasi, anda perlu untuk merumuskan pernyataan tujuan dan sasaran. Misalnya tujuan dari newsletter anda adalah untuk memberikan nilai dan bukan persuasi terbuka dan ‘iklan’ yang melayani diri sendiri. Maka, newsletter anda dapat berisi editorial yang hangat untuk dibicarakan dan tajam, dengan tulisan yang hidup serta grafis yang dinamis, ide-ide yang inovatif, serta mutu reproduksi yang unggul.

 

Ciptakan newsletter bermutu-berlangganan

Janganlah membuat kesan bahwa newsletter anda merupakan sesuatu yang gratis bagi klien. Buatlah seakan-akan newsletter anda dibuat untuk pelanggan yang berbayar. Dengan cara ini, maka pembuatan newsletter akan lebih berkualitas karena sikap kreatif perusahaan menjadi lebih tinggi.

Jika anda berniat untuk membuat newsletter yang bermutu, ada baiknya anda menyewa seorang penulis berpengalaman untuk menciptakan konten yang berkualitas untuk newsletter anda. Demikian pula, jika anda berniat untuk memasukkan gambar atau membuat newsletter anda sebagai sebuah infografik, anda akan memerlukan seorang desainer grafis untuk memastikan newsletter anda akan terlihat profesional.

 

Tempatkan kebutuhan pembaca sebagai prioritas utama

Hindarilah newsletter yang mengarah kepada perusahaan. Buatlah newsletter yang memfokuskan isinya pada kebutuhan dan klien anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menampilkan klien anda di dalam newsletter anda.

 

Tawarkan pilihan

Berilah pelanggan anda fleksibilitas untuk menerima newsletter secara online atau secara offline.

 

Beri imbalan kepada pembaca

Anggaplah ‘membayar’ para klien untuk membaca newsletter anda dengan memasukkan tawaran-tawaran yang menyenangkan ke dalam isinya. Misalnya anda menawarkan tarif-tarif khusus untuk program tertentu.

 


Butuh jasa desain logo profesional, klik >> Jasa desain logo perusahaan


 

Berkomitmen pada jadwal publikasi

Memutuskan kapan dan seberapa sering anda akan mempublikasikan newsletter anda. Frekuensi dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan dari pemasaran anda. Jika anda mempublikasikan terlalu sering, newsletter anda dapat dipersepsikan sebagai spam. Namun, jika anda tidak cukup sering mempublikasikannya, maka pembaca anda tidak akan mengingat bahwa mereka berlangganan newsletter anda.

Seberapa sering anda mempublikasikan konten anda, akan tergantung pada :

  • Tipe konten : Pembaca akan lebih toleran terhadap editorial yang helpful dibandingkan dengan konten yang berisi penuh dengan konten promosi.
  • Panjang konten : Semakin panjang email anda, maka semakin banyak waktu yang dibutuhkan pembaca anda untuk membacanya. Jika anda mengirimkan email setiap hari, buatlah konten yang singkat. Jika anda mengirimkan email bulanan, anda dapat membuat email yang lebih panjang.

 

Ingatlah : Anda adalah newsletter anda.

Di mata klien anda, anda adalah apa yang anda publikasikan. Klien dan prospek sama-saa tidak dapt memaafkan jika terdapat pekerjaan yang tidak rapi. Kesalahan cetak, artikel yang membosankan dan newsletter yang tidak bermutu dapat merugikan bisnis anda, dan bukan membantunya. Oleh karena itu, jika anda memutuskan untuk membuat newsletter, buatlah dengan sebaik-baiknya atau tidak sama sekali.

 

Dari Berbagai Sumber

 

Iklan