Penulis : Admin

 

                Flossing gigi adalah membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Kebanyakan orang ingat untuk menyikat giginya minimal dua kali sehari karena tidak ingin nafasnya berbau tidak sedap atau giginya kuning. Meskipun begitu, orang masih jarang menggunakan benang gigi. Padahal terdapat berbagai manfaat dari menggunakan benang gigi.

                Berikut adalah alasan mengapa kita perlu melakukan flossing :

1.       Mengurangi lubang

Gigi berlubang seringkali muncul pada bagian kecil diantara dua gigi, inilah mengapa flossing dapat mencegah gigi berlubang. Sikat gigi merupakan alat yang baik untuk menjaga gigi agar tetap bersih, namun sikat gigi tidak bisa mencapai di antara dua gigi. Ketika anda menggunakan benang gigi, anda membersihkan partikel makanan yang seringkali terperangkap dan menyebabkan lubang.

2.       Mengurangi penyakit gusi

Periodontal dan penyakit gusi disebabkan oleh akumulasi plak pada gusi dan gigi. Penyakit ini dapat dimulai dengan radang gusi, namun mengarah pada masalah yang lebih serius. Flossing dapat membantu membersihkan plak dan akhirnya mencegah penyakit gusi

3.       Melenyapkan bau mulut

Salah satu manfaat dari flossing setiap hari adalah mencegah bau mulut. Ketika plak atau makanan tidak dibersihkan dari gigi anda, mereka akan mulai membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

4.       Mengurangi resiko penyakit jantung

Orang yang memiliki penyakit jantung harus berhati-hati dengan kebersihan mulutnya, karena keduanya berhubungan. Bakteri dalam mulut dapat menuju jantung, yang dapat mematikan bagi mereka yang rentan

5.       Mencegah penumpukan tartar & gigi menguning

Tartar yang muncul di gigi dapat menyebabkan gigi berwarna kuning atau kotor. Salah satu manfaat utama dari flossing setiap hari adalah dapat membantu menjaga gigi anda terlihat bersih dan sehat

 

Cara melakukan flossing :

Mulailah rutinitas membersihkan gigi anda dengan flossing. Bila anda melakukan flossing sebelum sika gigi, anda dapat memastikan semua partikel makanan yang muncul setelah flossing akan dibersihkan. Mulailah proses flossing dengan menarik benang gigi sekitar 45 cm, kemudian lilitkan pada jari tengah di masing-masing tangan dan sisakan sekitar 4 cm.

Kemudian regangkan dengan kencang menggunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk memasukkan benang di antara masing-masing gigi dengan gerakan seperti menggergaji dengan lembut. Jangan lupa untuk menggeser benang di setiap gigi, untuk mendapatkan hasil terbaik dan untuk membersihkan sebagian besar karang gigi, plak dan bakteri. Ketika anda berpindah dari satu gigi ke gigi lainnya, lepaskan gulungan benang dari jari tengah anda, agar anda bisa mendapatkan bagian bersih untuk setiap gigi.

Kebiasaan yang paling baik adalah anda menyelesaikan proses flossing dengan menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash. Gigi yang bersih akan membuat anda lebih segar dan juga anda bisa mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan anda.

Dari Berbagai Sumber